Pedomanku.id | Inspeksi nendadak, atau Sidak dilakukan seorang pejabat, setidaknya untuk memastikan pegawai bekerja maksimal dan sesuai aturan atau tidak. Sidak yang dilakukan Camat Biringkanaya, Juliaman salah satunya.
Sidak yang dilakukan orang nomor satu di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Maros, Rabu, 28 Pebruari 2024 itu guna memastikan seluruh pegawai baik ASN, maupun laskar pelangi lingkup kantor Kecamatan Biringkanaya selain telah menerapkan disiplin dalam kedinasan sehari hari, juga apakah telah terbentuk lingkungan kerja yang kondusif dan perilaku professional atau tidak.
Sidak juga sekaligus dalam kerangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kecamatan Biringkanaya itu dilakukan secara rutin. Camat Biringkanaya terlihat memasuki seluruh ruang staf dan ruang pelayanan masyarakat.
“Sidak ini dilakukan disentra pelayanan Kantor Camat Biringkanaya. Hal ini dilakukan untuk memastikan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, dan tugas sebagais staf di Kantor Kecamatan Biringkanaya ini,” tegas Juliaman.
Di sela sela sidak, Juliaman menegaskan, sesama pegawai harus saling bersinergitas untuk melayani masyarakat. Sebab, pelayanan adalah ujung tombak menghadapi warga. Misalnya, dalam pengurusan administrasi kependudukan, hingga surat rekomendasi untuk pengurusan lainnya .
“Kami kepingin memastikan pelayanan dijalankan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari yang paling sederhana, tepat waktu ketika melayani, kemudian ketika menerima keluhan harus direspon secara baik, dan selesai dengan tuntas. Dan, yang paling utama adalah, kebersihan ruangan kantor,” urainya, seraya menambahkan, sidak yang dilakukan tidak sekadar memastikan ketersediaan pelayanan di kecamatan, tetapi juga sebagai bagian dari kesiapsiagaan dalam menghadapi kondisi darurat.
Mantan Camat Mariso ini meberharap, staf kecamatan dan kelurahan terus meningkatkan pelayanan , kedisiplinan dan loyal kepada pimpinan. (din pattisahusiwa)