160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
iklan dpr makassar

HM.Ashar Tamanggong Raih Predikat Cumlaude pada Ujian Promosi Doktor di UMI

Makassar, Pedomanku.id:

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar, HM.Ashar Tamanggong meraih Doktor dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam. Raihan ATM—sapaan akrab pria Makassar kelahiran Takalar lulus dengan predikat Cumlaude, setelah mengupas tuntas disertasi berjudul “Manajemen Pendidikan Karakter MAN 2 Makassar dan SMA Islam Athirah Kota, di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Senin, 10 Februari 2025.

Cumlaude yang disematkan kepada ATM sangat beralasan. Seperti dituturkan pimpinan sidang, Prof.Dr.H.Mursalim Laekkeng, ASEAN,CPA, lantaran ATM memiliki indeks prestasi 4,0, menyelesaikan kuliah sekitar 2,5 tahun, menguasai dan menjabarkan disertasi secara baik, terstruktur, sistimatis, dan lainnya yang jarang dimiliki  Promovendus lainnya. Sebut saja, jauh sebelum berkuliah di Pascasarjana UMI, keilmuannya sudah teruji,bahkan dia juga diundang berceramah di hadapan para dosen pasca.

Disisi lain, undangan yang datang selain membludak,  juga bukan kaleng kaleng. Mereka tokoh penting di bidangnya masing masing. Para ulama, akademisi, guru, rekan semasa sekolah. Dan tak ketinggalan hadir pula para komisioner dan staf pelaksana BAZNAS Kota Makassar.

Dalam bedahan disertasi setebal 208 halaman itu, ATM mengupas tuntas sistem pembelajaran yang diteliti di dua sekolah menengah atas, yaitu, MAN Model 2 dan SMA Islam Athirah Makassar.

MAN 2 Makassar, urai ATM, merupakan  lembaga pendidikan yang jelas dalam visi dan misi. Vsinya yaitu terbentuknya pribadi muslim yang berakhlakul karimah, unggul dan kompetetif. Sedangkan misinya terintegrasi dalam pendidikan dan pengajaran dengan 2 kurikulum.

Sementara konsep dasar Sekolah Islam Athirah Makassar berciri Islam, berjiwa nasional, dan berwawasan global. Pada proses pembelajaran, sekolah ini berupaya membentuk keseimbangan kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual. Sementara itu, kurikulum yang diterapkan dalam sekolah ini yaitu kurikulum nasional, namun tidak menghilangkan ciri khas Athirah. Sedangkan program-program yang dibuat memproses Sekolah Islam Athirah menjadi lingkungan sekolah yang efektif dan sentral pembelajaran.

Prestasi-prestasi yang dibangun tidak hanya pada wilayah intrakurikuler, tetapi juga pada wilayah ekstrakurikuler. Baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Metode pembelajaran yang dikembangkan adaptif terhadap teknologi dan metode pembelajaran kekinian. Metode tersebut memerdekakan siswa dengan pendekatan active learning.

Kualitas karakter untuk siswa/siswi di Madrasah Aliyah (MAN 2 Makassar dan Sekolah Menengah Atas (SMA Islam Athirah Makassar) mengimplementasikan dan mendirikan kualitas pendidikan karakter antara lain kepanutan, ketertiban, tanggung jawab, tulus, inovatif, bersih, dan menyayangi sesama contohnya menyapa setiap bertemu siapapun, tersenyum dengan tulus, dan mengucapkan salam yang santun, bersalaman ketika berpapasan guru, setiap hari rutin membaca ayat suci Al-Qur’an, tidak membuang sampah sembarangan, dan juga kebiasaan salat duha sekaligus salat zuhur di masjid secara berjemaah yang telah terprogram.

Di dua sekolah ini juga sudah melaksanakan kegiatan peduli sosial diantaranya adalah saling menolong dan bantu-membantu antar sesama dalam hal kebaikan. Jika ada siswa-siswi lain yang sedang sakit, temannya senantiasa menjenguknya. Ketika ada siswa-siswa yang lupa tidak membawa peralatan sekolah, temannya senantiasa meminjamkan dan melakukan kegiatan beramal rutin tiap hari Jum’at yang dilakukan di area sekolah.

Menurutnya, jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian deksriptif yang berorientasi lapangan. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Agama Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan Pendidikan Karakter dalam merencanakan penguatan pendidikan karakter di MAN 2 Kota Makassar dan   SMA Islam Athirah di Kota Makassar langkah yang di ambil adalah a) Penentuan Nilai-nilai Karakter Sekolah (Kejujuran,Tanggung Jawab, Disiplin Belajar dan Waktu, Patuh dan Sopan Santun, Shalat berjamaah, Kepemimpinan), b) Pelibatan Orang Tua (Komunikasi antar Sekolah dan Orang tua, Mendukung pembiasaan positif di rumah) c.)Teladan dari Guru dan Staf Sekolah, d) Lingkungan Sekolah yang mendukung. Pelaksanaan ini memerlukan keterlibatan semua pihak, dari guru, siswa, hingga orang tua, agar nilai-nilai karakter dapat ditanamkan dengan baik.

Sejumlah cara pelaksanaan pendidikan karakter yang efektif: a.) Kegiatan Ekstrakurikuler, b.) Kebiasaan Harian di Sekolah, c.) Penerapan Reward dan Punishment. Bentuk evaluasi yang dilakukan MAN 2 Model dan SMA Islam Athirah Makassar yakni a.) Penilain Kelas, b.) Rapat Evaluasi Internal, c.)

Implikasi dari penelitian ini adalah manajemen pendidikan karakter dalam pendidikan harus dilakukan secara maksimal, fungsi manajemen yang efektif akan membantu pelaksanaan pendidikan karakter yang melibatkan banyak pihak dan banyak aspek perlu dinilai. Pelibatan seluruh warga sekolah, orang tua peserta didik, dan masyarakat sekitar akan sangat membantu proses pendidikan karakter yang tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di dalam keluarga dan lingkungan masyarakat.

Seperti diketahui, pada sidang promosi doktor ATM itu, dipimpin ketua sidang (Prof.Dr.H.Mursalim Laekkeng,ASEAN,CPA). Bertindak sebagai Promotor yakni, Prof.Dr.Hj.Masdar Mas’ud,SE,M.Si.  Ko-promotor Dr.H.Andi Bunyamin,M.Pd dan Dr.H.M.Hasibuddin Mahmud,SS,MA.  Sementara penguji masing masing Prof.Dr.H.Abdul Rahman Mus,SE,M.Si, Prof. Dr. H. Baso Amang, SE., M.Si, Dr. H. Ahmad Hakim, MA, Dr. Hj. Rosmiati, M.Pd. Dan, bertindak sebagai penguji eksternal yakni, Prof. Dr. H. Bahaking Rama, MS, serta penguji lintas disiplin ilmu , Dr. H. Adnan Lira, SH., MH. (din pattisahusiwa/tim media baznas kota makassar)

Facebook Comments Box

Baca Juga